Wisata Dieng, 21 Oktober 2016

Bukit Scotter - Destinasi Wisata Baru di Dieng

Bukit Scotter salah satu Destinasi Wisata Alam yang baru-baru ini di ketemukan di Dieng. Dimana tempat untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat (Sunset), dan matahari terbit (Sunrise) yang berada di puncak bukit sebelah utara Desa Wisata Dieng Kulon yang bisa di tempuh sekitar 15 menit dengan jarak sekitar 1 km dari Desa Dieng Kulon dengan menapaki jalan berundak sekitar lima menit untuk sampai Puncak Bukit Scotter Dieng.



Asal-Usul Penamaan Bukit Skoter (Skoter Dieng)


Asal-Usul Penamaan Bukit Skoter (Skoter Dieng), dinamakan oleh masyarakat sekitar Bukit Skoter karena dulu tempat ini di gunakan sebagai tempat "Tower" atau alat pemancar telekomunikasi di pasang di atas sebelah utara Desa Dieng kulon pada zaman Hindia-Belanda. Karena di bawah dari tempat Tower telekomunikasi yang terpasang merupakan area ladang perkebunan petani kentang milik orang Dieng setempat, dan setiap kali para petani kentang Dieng mau melihat perkembangan atau keadaan tanamanya di sekitar bukit area Tower berada, Orang Dieng berkata "Delengo Soko Tower" yang artinya "Lihatlah Dari Tower" (Bahasa Jawa) dengan berulang kali terucap, yang pada akhirnya sampai sekarang bukit tersebut terkenal dengan sebutan Bukit Skoter (Secotter Dieng).

Salah satu tempat yang tepat untuk hunting foto apalagi mereka para fotograph, berbagai spot yang bisa di ambil dari bukit Scotter Dieng, Landscap Alam Dieng yang begitu memanjakan mata karena tempat ini di kelilingi oleh gunung-gunung dan berbagai bukit yang berada di sekitar Bukit Scotter Dieng. Dengan pesona alamnya yang begitu cantik dengan di selimuti kabut yang terhampar di sekitar Lembah Dieng yang menyuguhkan nuansa sendiri khas pegunungan.

Selain itu juga Bukit Scotter apabila cuaca cerah dan tak berkabut, Laut Jawa yang berada di utara Jawa Tengah bisa terlihat dengan mata telanjang, bahkan gemilaunya bintang yang bertaburan bisa menjadikan malam di Buikt ini seperti nirwana bertaburkan bintang layaknya Bumi di Atas Awan yang biasa kita sebut Milkiway.

Inilah Bukit Scotter Destinasi Wisata Baru yang bisa dijadikan sebagai alternatif wisata khususnya untuk menyaksikkan matahari terbit (Sunrise), dan matahari tenggelam (Sunset) untuk wisatawan yang dalam perburuanya tidak ingin bersusah-susah dan capek terlebih dahulu untuk menaiki gunung dan tracking bukit. Karena Bukit Scotter Dieng mudah di jangkau dengan jalan kaki dari penginapan Homestay Desa Wisata Dieng Kulon dengan memerlukan waktu sekitar 15 menit. Serta Bukit ini juga sudah di lengkapi dengan gazebo dan tempat duduk, sehingga wisatawan bisa bersantai dalam menikmati pesona Alam Dieng yang di suguhkan di sekitar Bukit Scotter.

WISATA POPULER LAINYA DI DIENG YANG PERLU ANDA LIHAT