Gunung Gunung di Dieng

Dieng merupakan Dataran Tinggi yang di kelilingi oleh Gunung-Gunung di Sekitarnya, Jika anda berada di Dieng, pada seluruh penjuru mata angin anda bisa menjumpai pemandangan pegunungan dan perbukitan seperti mengepung wilayah ini. Beberapa gunung di Dieng diantaranya :

Gunung Prau

Sabana di Bukit Teletubies Gunung Prau 
Gunung Prau terletak pada ketinggian 2560 m di atas permukaan laut,  masuk wilayah beberapa Kabupaten sekaligus. wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Sedang secara Astronomis Gunung ini terletak pada koordinat 7° 11' 13" LS,  109° 55' 22" BT.

Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam.
Pembahasan lebih lengkap mengenai Gunung Prau Bisa anda baca di :
Jelajahi Keindahan Gunung Prau


Gunung Sikunir Dieng

Sunrise di Sikunir
Bagi yang pernah ke Dataran Tinggi Dieng, Gunung Sikunir tentu sudah tidak asing. Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2.350 mdpl ini sering didaki para wisatawan untuk melihat panorama Golden Sunrise Dieng yang mempesona. Dibawah Gunung ini terdapat Telaga Cebong, yang juga merupakan point awal pendakian menuju Puncak.

Jarak Tempuh menuju Puncak memakan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam. Meski Jalur pendakian tidak terlalu sulit, disarankan bagi para wisatawan agar ditemani oleh Tour Guide lokal apalagi jika mendaki dipagi buta mengingat kanan-kiri jalur pendakian lumayan curam.

Dari Puncak sikunir ini, Selain bisa melihat Sunrise anda juga bisa melihat pemandangan lima Gunung sekaligus, yaitu: gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kembang, dan Gunung Perahu. Juga pemandangan berbagai bukit yang bisa di nikmati di tempat Sunrise yang berada di Bukit Scotter Dieng.


Gunung Pakuwaja Dieng

Sunrise dari Puncak Pakuwaja
Jika ingin melihat Panorama Dieng dengan sudut pandang yang berbeda, datanglah ke gunung ini.Terletak di selatan gunung sikunir, Gunung di ketinggian kurang lebih 2413 m dpl ini memiliki jalur pendakian yang lebih mudah dengan jarak tempuh antara setengah hingga satu jam. Start dari desa Sembungan sepanjang perjalanan anda akan melihat perladangan penduduk, rerumputan dan semakin naik anda akan menjumpai batu andesit berserakan.  Dari berbagai informasi yang kami dengar, dari batu-batu andesit gunung Pakuwaja lah komplek Candi di Dieng dibangun.

Yang unik dari Gunung Pakuwaja adalah di puncaknya anda bisa melihat batu besar menjulang berbentuk serupa Menhir. menurut mitos yang beredar, Batu tersebut adalah Pakunya jawa.

Dari Puncak Gunung Pakuwaja anda bisa melihat lanskap dataran tinggi Dieng dengan lebih leluasa. Kawasan Wisata telaga warna, Kawah Sikidang, Komplek Candi Dieng, tampak berbeda dilihat dari sudut Pakuwaja. Pemandangan Sunrise di Pakuwaja juga tidak kalah menarik dari Penampakan sunrise di Sikunir.