JELAJAHI KEINDAHAN GUNUNG PRAU DIENG

Dataran Hijau menyelimuti lekuk perbukitan Gunung Prau. Permadani alam terhampar memanjakan mata siapa saja yang memandang. Apalagi jika cuaca sedang bersahabat, maka kita bisa melihat jernih biru langit diatas lanskap pemandangan perladangan dan pemukiman dibawahnya, atau pemandangan gunung-gunung nun jauh di horison sana.
Namun dalam cuaca berkabut pun bukan berarti Gunung Prau kehilangan pesonanya. Kabut yang mengambang rendah membentuk siluet-siluet cahaya di antara hijau rumput dan pepohonan membuat suasana terasa teduh dan asri. Perpaduan yang romantis antara cahaya dan alam.


Letak dan Lokasi Gunung Prau


Gunung Prau terletak pada ketinggian 2560 m di atas permukaan laut, Secara administratif Gunung Prau masuk wilayah beberapa Kabupaten sekaligus. wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Sedang secara Astronomis Gunung ini terletak pada koordinat 7° 11' 13" LS,  109° 55' 22" BT.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam.

Alternatif lain pendakian bisa dilakukan melalui Jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Durasi perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu memakan waktu sekitaran 2-3 Jam perjalanan.

Habitat dan Ekosistem di Gunung Prau

Di Gunung Prau terdapat beberapa hewan langka dan unik yang termasuk Fauna endemik Jawa seperti bintang Owa Jawa atau Hylobates moloch, Macan Kumbang -Panthera pardus melas, Sigung Jawa -Mydaus javanensis, Rusa -Cervus timorensis, Serta terdapat juga burung Elang Jawa - Nisaetus bartelsi.
Bahkan  di gunung ini  juga pernah ditemui jejak binatang yang mirip jejak Harimau Jawa -Panthera tigris sondaica.

Sedangkan kekayaan Flora yang dimiliki Gunung Prau diantaranya seperti Bunga Nepenthes gymnamphora atau kantong Semar, Anaphalis javanica  Anaphalis maxima atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga eidhelweis, Bunga Daisy yang memiliki nama latin Bellis perennis dan beberapa spesies anggrek yang banyak menempel di pepohonan.

Yang menarik Di Gunung Prau

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies Gunung Prau
Dinamakan bukit teletubies karena lekuk bukit ini memang mirip setting acara televisi untuk anak-anak Teletubies, dominan warna hijau segar pada bukit bukit yang menyembul terlihat sangat mengasikan untuk bermain-main dan berfoto-foto

Taman Bunga di Puncak Prau


Pada musim jelang kemarau, Bunga Daisy yang banyak tumbuh di gunung prau mulai bermekaran. padang hijau yang tadinya hanya berupa rerumputan dan semak pun berubah menjadi lautan bunga Daisy

Sunrise - Sunset Gunung Prau

Peristiwa terbit dan tenggelamnya sinar matahari adalah saat yang sering ditunggu-tunggu oleh para pendaki. keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut selalu melahirkan pesona tersendiri apalagi jika dinikmati diketinggian Gunung Prau.