Telaga Warna Dieng

Telaga warna merupakan salah satu wisata terbaik dari dataran tinggi dieng. Berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut tidak menghalangi para wisatawan untuk mengeksplor keunikan panorama alam Telaga Warna. Pemandangan danau yang tenang dengan permukaan air yang hijau dikelilingi pepohonan rindang dipadu dengan pantulan cahaya matahari yang akan membiaskan warna danau bak pelangi menjadi keunikan telaga ini.


Letak/Lokasi dan akses menuju Telaga Warna Dieng


Secara Administratif, Telaga Warna Masuk Wilayah Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah . Awal anda masuk ke Wilayah Dataran Tinggi Dieng, anda akan menjumpai pertigaan, Jalur kanan jika anda ingin menuju wilayah Dieng Kulon, Belok kanan anda masuk wilayah Desa Dieng Wetan. Telaga Warna terletak sekitar 800m melalui Jalan Jalur Kiri.


Asal-usul dan mitos/Legenda seputar Telaga Warna Dieng

Menurut mitos yang berkembang di Masyarakat Dieng, beragam warna yang muncul dipermukaan Telaga warna, Konon diakibatkan pada jaman dahulu kala ada Cincin milik seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga tersebut. Sedangkan menurut kajian Ilmiah, warna-warni dipermukaan Telaga tersebut adalah akibat dari pembiasan cahaya pada Endapan Belerang/sulfur didasar Telaga warna. Warna yang dominan muncul dipermukaan telaga warna adalah Warna Hijau, warna putih kekuningan, serta warna biru laut.


Obyek Wisata Lain di sekitaran Telaga Warna.

Goa -Goa Alam (Goa Semar, Goa sumur, Goa jaran, Goa Pengantin )


Memasuki Gerbang Telaga Warna, anda akan menjumpai 2 cabang Jalan setapak. Menyusuri Jalan setapak sebelah Kanan, selain keindahan pemandangan Telaga Warna anda juga bisa melihat Kejernihan panorama Telaga Pengilon yang terletak tepat bersebelahan dengan Telaga warna. disepanjang Jalan setapak, anda juga terdapat beberapa Goa seperti Goa Semar, Goa sumur, Goa jaran serta Batu Tulis.
Goa-Goa ini -khususnya Goa Semar, sering dijadikan tempat upacara ritual tertentu. Seperti misalnya ketika ada kunjungan wisatawan Umat Hindu dari Bali, mereka menggunakan  air Goa ini untuk upacara Muspre atau Mabakti.


Batu Ratapan Angin

foto:@raniswaa

Ada sebuah tempat menarik di sekitaran Telaga Warna dieng dimana kita bisa menyaksikan pemandangan Telaga Warna dan Pengilon dari ketinggian. Nama tempat ini Batu Ratapan Angin. seunik namanya, spot favorit wisatawan untuk berselfi ini juga terhitung unik.

Meski cuma berupa dua buah batu yang berada ditempat yang agak tinggi, pesona Batu ini senantiasa menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

Batu Ratapan Angin berada dekat Dieng Plateau Theatre, bisa ditempuh dengan sedikit mendaki, namun meskipun agak menguras tenaga  dijamin anda tidak akan menyesal begitu melihat keindahan pemandangan telaga dari atas sana.
Salah satu Spot untuk melihat pemandangan Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian adalah Bukit Sidengkeng yang berada di Kawasan Wanawisata Petak Sembilan Dieng. berada tepat disisi telaga warna, dibutuhkan waktu sekitar 15 menitan untuk bisa sampai puncak Sidengkeng.

Petak Sembilan


Salah satu Spot untuk melihat pemandangan Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian adalah Bukit Sidengkeng yang berada di Kawasan Wanawisata Petak Sembilan Dieng. berada tepat disisi telaga warna, dibutuhkan waktu sekitar 15 menitan untuk bisa sampai puncak Sidengkeng.
Selengkapnya Tentang Bumi Wana Wisata Petak Sembilan

Dieng Plateau Theater

Sebuah Bangunan yang dikhususkan untuk memutar film-film tentang Dieng dan  hal yang terkait dengannya.