Wisata Dieng, 30 Januari 2015

Gunung Prau Dieng. Jelajahi Keindahan Gunung tercantik di Jawa Tengah

gunung prau
Gunung Prau Dieng via @sudutt.pandang.jpg

Wajar jika Gunung Prau menjadi salah satu gunung idola para pendaki. Lekuk perbukitan berjejer di puncak Prau memanjakan mata siapa saja yang memandang. Apalagi di musim penghujan, warna Hijau segar dengan selang seling bunga Daisy dibawah naungan langit biru dengan hamparan awan menghampar menyelimuti horizon dan daratan dibawahnya sehingga seolah-olah kita sedang berada di negeri atas awan.

Di musim kemarau, Prau tidak kehilangan pesonanya. Langit malam dipuncak prau yang dipenuhi gemerlap bintang, belum lagi silver Sunrise dengan latar belakang gunung-gunung disekitarnya menciptakan suasana melankolis dan damai. Perpaduan romantis antara Cahaya dan Hijau Alam Pegunungan.

  1. Lokasi Gunung Prau

    lokasi gunung prau
    Gunung Prau Dieng via @pendraadii.jpg

    Gunung Prau berada di wilayah administrasi kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Ya, bentuknya yang memanjang menjadikan Prau berada di empat wilayah administrasi. Secara astronomis, Gunung prau berada pada koordinat 7° 11' 13" LS, 109° 55' 22" BT, dengan ketinggian di atas 2565 mdpl

  2. Transportasi ke Gunung Prau dari berbagai Kota

    Menggunakan Transportasi Bus

    • Via Jabodetabek : Naik Bus Jurusan Wonosobo lalu Turun di taman Plasa. Dilanjutkan naik micro bus jurusan dieng menuju basecamp pilihan.
    • Via Bandung : Naik Bus Jurusan Wonosobo lalu Turun di taman Plasa. Dilanjutkan naik micro bus menuju basecamp pilihan.
    • Via Semarang : Naik bus jurusan Purwokerto turun di pertigaan muntang lalu dilanjutkan naik bus jurusan Wonosobo/dieng.
    • Via Jogja / solo : Naik bus Surabaya – Wonosobo Turun di terminal lalu naik angkot ke kota Wonosobo dilanjutkan micro jurusan Dieng menuju basecamp pilihan
    • Via Purwokerto : Naik bus jurusan Wonosobo Turun pertigaan klenteng kemudian dilanjutkan naik bus jurusan Dieng menuju basecamp pilihan.

    Menggunakan Transportasi Kereta

    • Jika berangkat via Jawa Barat atau DKI Jakarta kamu bisa turun di Stasiun Purwokerto / Stasiun Kutoarjo / Stasiun Semarang.
    • Jika berangkat via Jawa Timur Kamu bisa turun di Stasiun Semarang atau Stasiun Jogja.

    Lalu setelah sampai stasiun lanjut apa ? Berikut Rute dari Stasiun ke basecamp Prau.

    • Stasiun Purwokerto : Dari stasiun Purwokerto kamu bisa naik angkot / taxi / ojol ke terminal purwokerto. Dari terminal Purwokerto naik micro bus jurusan wonosobo.
    • Stasiun Semarang : Dari depan stasiun semarang lalu naik bus ¾ menuju terminal lalu naik bus jurusan Purwokerto via wonosobo.
    • Stasiun Jogja : Dari stasiun Jogja kamu bisa Naik Ojol/Taxi Online menuju terminal giwangan. Kalau beruntung kamu bisa langsung naik jurusan Surabaya – Wonosobo tapi hanya ada di waktu tertentu. Untuk alternatif lain kamu bisa naik jurusan semarang kemudian turun di secang dan lanjut bus jurusan wonosobo.
    • Stasiun Kutoarjo : Dari stasiun kutoarjo kalau beruntung kamu bisa langsung naik microbus jurusan wonosobo ( jika sulit menemukan microbus ke Wonosobo bergeser dulu ke terminal Purworejo)

    Catatan : Pada Umumnya jika sudah sampai ke wonosobo via kereta atau bus. Transportasi akan dilanjutkan dari wonosobo menuju dieng menggunakan micro bus karena notabene jalur pendakian yang sering dilalui pendaki berada di wilayah dieng dan harga ongkos transportasi pun dapat berubah sewaktu-waktu.

  3. Jalur Pendakian Gunung Prau

    Bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, anda bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur Utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam.

    Alternatif lain pendakian bisa dilakukan melalui Jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng (Basecamp Dwarawati) atau Basecamp Patak Banteng. Durasi perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu memakan waktu sekitaran 2-3 Jam perjalanan.

    Dari Basecamp Dwarawati, di mulai dari area parkir Candi Dwarawati, menuju Bukit Semendung atau Gunung Kawer, di lanjutkan menuju Bukit Bucu, Plintangan, Tower Anjir, Padang Rumput Tlaga Wurung, dan Puncak Prau. Namun demikian bagi para pendaki di wajibkan untuk mengajak Porter atau Pemandu (informasi base camp) agar pendakian bisa lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

  4. Habitat dan Ekosistem di Gunung Prau

    Di Gunung Prau terdapat beberapa hewan langka dan unik yang termasuk Fauna endemik Jawa seperti bintang Owa Jawa atau Hylobates moloch, Macan Kumbang - Panthera pardus melas, Sigung Jawa - Mydaus javanensis, Rusa - Cervus timorensis, Serta terdapat juga burung Elang Jawa - Nisaetus bartelsi. Bahkan di gunung ini juga pernah ditemui jejak binatang yang mirip jejak Harimau Jawa - Panthera tigris sondaica.

    Sedangkan kekayaan Flora yang dimiliki Gunung Prau diantaranya seperti Bunga Nepenthes gymnamphora atau kantong Semar, Anaphalis javanica, Anaphalis maxima atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga eidhelweis, Bunga Daisy yang memiliki nama latin Bellis perennis dan beberapa spesies anggrek yang banyak menempel di pepohonan.

  5. Yang menarik Di Gunung Prau

    Puncak Gunung Prau Dieng
    Puncak Gunung Prau Dieng via @josiahwg.jpg

    Bukit Teletubies

    Bukit Teletubies Gunung Prau. Dinamakan bukit teletubies karena lekuk bukit ini memang mirip setting acara televisi untuk anak-anak Teletubies, dominan warna hijau segar pada bukit bukit yang menyembul terlihat sangat mengasikan untuk bermain-main dan berfoto-foto

    Daisy Gunung Prau Dieng
    Daisy Gunung Prau Dieng via @anandaoktaviano

    Taman Bunga di Puncak Prau

    Pada musim jelang kemarau, Bunga Daisy yang banyak tumbuh di gunung prau mulai bermekaran. padang hijau yang tadinya hanya berupa rerumputan dan semak pun berubah menjadi lautan bunga Daisy.

    Si cantik Gunung Prau Dieng
    Gunung Prau Dieng via @garnisayu_

    Sunrise - Sunset Gunung Prau

    Peristiwa terbit dan tenggelamnya sinar matahari adalah saat yang sering ditunggu-tunggu oleh para pendaki. keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut selalu melahirkan pesona tersendiri apalagi jika dinikmati diketinggian Gunung Prau.

    Di atas puncak Gunung Prau inilah juga sering di jadikan tempan untuk hunting spot Golden Sunrise Prau yang spektakuler selain menikmati Golden Sunrise Sikunir.

    Milkyway Gunung Prau Dieng
    Milkyway Gunung Prau Dieng via @josiahwg

    milkyway Gunung Prau.

    Siapa yang tidak terpesona melihat gugusan bintang-bintang bima sakti? Ketika langit cerah, di bentang langit malam Gunung Prau, para pendaki bisa menyaksikan milkyway gunung prau dengan mata telanjang. Itulah mengapa banyak pendaki ketagihan untuk bercamping di Prau berkali-kali

Ingin Berkunjung ke Gunung Prau Tanpa Ribet?