Telaga Warna Dieng

Telaga warna merupakan salah satu wisata terbaik dari dataran tinggi dieng. Berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut tidak menghalangi para wisatawan untuk mengeksplor keunikan panorama alam Telaga Warna. Pemandangan danau yang tenang dengan permukaan air yang hijau dikelilingi pepohonan rindang dipadu dengan pantulan cahaya matahari yang akan membiaskan warna danau bak pelangi menjadi keunikan telaga ini.


Letak/Lokasi dan akses menuju Telaga Warna Dieng

Secara Administratif, Telaga Warna Masuk Wilayah Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah . Awal anda masuk ke Wilayah Dataran Tinggi Dieng, anda akan menjumpai pertigaan, Jalur kanan jika anda ingin menuju wilayah Dieng Kulon, Belok kanan anda masuk wilayah Desa Dieng Wetan. Telaga Warna terletak sekitar 800m melalui Jalan Jalur Kiri.

Asal-usul dan mitos/Legenda seputar Telaga Warna Dieng

Menurut mitos yang berkembang di Masyarakat Dieng, beragam warna yang muncul dipermukaan Telaga warna, Konon diakibatkan pada jaman dahulu kala ada Cincin milik seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga tersebut. Sedangkan menurut kajian Ilmiah, warna-warni dipermukaan Telaga tersebut adalah akibat dari pembiasan cahaya pada Endapan Belerang/sulfur didasar Telaga warna. Warna yang dominan muncul dipermukaan telaga warna adalah Warna Hijau, warna putih kekuningan, serta warna biru laut.

Obyek Wisata Lain di sekitaran Telaga Warna.

Memasuki Gerbang Telaga Warna, anda akan menjumpai 2 cabang Jalan setapak. Menyusuri Jalan setapak sebelah Kanan, selain keindahan pemandangan Telaga Warna anda juga bisa melihat Kejernihan panorama Telaga Pengilon yang terletak tepat bersebelahan dengan Telaga warna. disepanjang Jalan setapak, anda juga terdapat beberapa Goa seperti Goa Semar, Goa sumur, Goa jaran serta Batu Tulis.
Goa-Goa ini -khususnya Goa Semar, sering dijadikan tempat upacara ritual tertentu. Seperti misalnya ketika ada kunjungan wisatawan Umat Hindu dari Bali, mereka menggunakan  air Goa ini untuk upacara Muspre atau Mabakti.

Jika anda mengikuti jalan setapak ke arah kiri telaga, anda akan menjumpai Kawah Sikendang, kawah dalam tanah yang masih aktif dan disaat-saat tertentu mengeluarkan bunyi mirip alat musik kendang. lewat jalur ini juga anda bisa naik ke Bukit Sidengkeng yang terletak disamping Telaga warna, disana anda bisa melihat keindahan lanskap Telaga Warna dari ketinggian.