Wisata Dieng, 25 November 2016

Bukit Sidengkeng - Wana Wisata Petak 9 Dieng

Bukit Sidengkeng merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk melihat dan menikmati Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari sisi yang berbeda secara utuh. Gradasi warna telaga sangatlah jelas dari atas lokasi ini. Dengan background Gunung Prau yang sering terlihat berselimut kabut, serta perbukitan yang menghijau dan di perindah penampakan Dua Tlaga kembar tapi beda, semakin menjadikan pemandangan semakin sempurna.














MENIKMATI 2 TELAGA KEMBAR NAMUN BERBEDA


Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng, Merupakan salah satu wisata dengan pemandangan yang sangat memikat. Deretan bukit dengan gunung-gunung dengan pepohonan hijau yang mengelilingi telaga-telaga ini menjadikan lanskap alam yang sangatlah mempesona. Lanskap pemandangan Dataran Tinggi ini tentu akan lebih indah jika di saksikan di tempat yang lebih tinggi dan setrategis. Salah satu tempat setrategis untuk menikmati Dataran Tinggi Dieng dari atas adalah Wana Wisata Petak Sembilan Bukit Sidengkeng. Sama halnya Bukit Ratapan Angin Bukit ini juga terletak di Area Telaga Warna, tepanya sebelah utara atas Telaga Warna yang masuk wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng, merupakan sebah bukit kecil di arae kawasan Wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk memandang lanskap Telaga Warna dari ketinggian. Obyek Wisata ini sangat setrategis untuk mendapatkan view dua buah Telaga Kembar namun Berbeda dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinginya. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni Telaga Warna sangat jelas saat di sinari matahari akan nampak begitu memukau, apalagi saat tak terhalang kabut. Spot cantik inilah yang sering di jadikan perburuan para penikmat alam serta para pecinta photografi dari berbagai penjuru.

Lanskap pemandangan Telaga Warna sebenarnya sudah terlihat dan bisa dinikmati sembari berjalan menuju puncak Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng. Namun untuk pemandangan yang lebih jelas dan sempurna tentulah dari atas puncaknya. Di puncak Bukit sidengkeng, sekarang sudah terdapat rumah pohon untuk beristirahat, dan di belakangan di fungsikan sebagai gardu pandang oleh wisatawan untuk memandang Telaga Warna. Walaupun tidak terlalu tinggi, dari rumah pohon ini anda dapat mendapatkan spot Telaga Warna terbaik. Selain itu rumah pohon itu bisa di masukan dalam obyek foto dengan latar belakang Telaga Warna.


CAMPING ASYIK DI WANA WISATA BUKIT SIDENGKENG


Tidak puas rasanya jika anda meluangkan waktu hanya sebentar di Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng. Banyak lagi Obyek cantik yang harus anda saksikan dan wajib anda dokumentasikan selain Telaga Warna yang warna-warni dan Telaga Pengilon yang jernih. Untuk memuaskan dahaga anda akan pemandangan yang indah, anda bisa melakukan Camping Ground yang terdapat Puncak Bukit Sidengkeng. Pengelola Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng, menyediakan tempat untuk Camping Ground untuk wistawan dengan tempat yang cukup luas dan datar. Dengan area yang cukup luas Bukit Sidengkeng bisa memuat tenda dengan jumlah 100 tenda lebih. Tidak akan mengecewakan Camping di Bukit si dengkeng selain tempatnya yang cukup luas, juga di kelilingi banyak tumbuhan tanaman bunga-bunga yang cantik.

Dengan bercamping disini anda bisa melihat dengan gagahnya gunung-gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng. Jika cuaca cerah dan kabut tidak terlalu  tebal, anda akan bisa melihat Gunung Sindoro yang berwarna biru, dan Gunung Prau yang menjulang tinggi, dan Gunung Sumbing yang megah di kejauhan, serta pemukiman penduduk dengan lahan pertanianya juga tak kalah indah dari puncak Bukit Sidengkeng.

Tak hanya itu, Camping di Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng, anda akan berkesempatan melihat indahnya sunrise di pagi hari dan sunset di senja sore harinya di langit Dieng yang menakjubkan. Dikala malam anda juga bisa menikmati taburan bintang (Milky Way) yang cantik jika tidak terhalang kabut. Benar-benar camping yang mengasyikan.

PENAMAAN WANA WISATA PETAK 9 BUKIT SIDENGKENG


Banyak orang yang belum tau kenapa Bukit Sidengkeng juga dinamakan petak 9.??? Perlu di ketahui bahwa Bukit Sidengkeng di beri nama Petak 9 oleh Perum Perhutani. Sebenarnya, Perum Perhutani memberinya nama "Petak" untuk semua Obyek Wisata Dieng, seperti halnya Gunung Prau di beri nama Petak 8, dan Bukit Sikunir di beri nama Petak 10. Sedangkan istilah "Wana Wisata" dapat di artikan sebagai obyek-obyek wisata alam yang di bangun dan di kembangkan oleh Perum Perhutani di dalam kawasan hutan produksi atau hutan lindung dengan tidak mengubah fungsi pokoknya, yaitu Tempat Wisata.

WANA WISATA PETAK 9 BUKIT SIDENGKENG SEBAGAI KAWASAN KONSERVASI TANAMAN ENDEMIK DIENG


Daya tarik Wana Wisata Petak 9 Bukit Sisengkeng Dieng tidak hanya sebatas Lanskap Dataran Tinggi Dieng saja. Jika anda mendaki Bukit Sidengkeng akan terasa hawa sejuk dari pepohonan dan tanaman-tanaman bunga cantik yang mungkin saja belum pernah anda lihata sebelumnya. Pepohonan dan Bunga itu sebagian merupakan tanaman endemik Dataran Tinggi Dieng. Sebagai wana wisata, Bukit Sidengkeng yang masuk dalam kawasan konservasi Telaga Warna, di jadikan tempat pengumpulan dan pengembangan tanaman endemik Dataran Tinggi Dieng. Jadi bisa di katakan Wana Wisata Petak 9 Dieng, sebagai hutan lindung yang di gunakan sebagai tempat untuk melestarikan tanaman endemik Dieng yang sudah mulai punah dan di gunakan sebagai sarana untuk belajar.

JALUR AKSES DAN TIKET MASUK WANA WISATA PETAK 9 BUKIT SIDENGKENG DIENG


Rute menuju Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng sangatlah mudah untuk di kunjungi karena posisinya masih di area Telaga Warna. Dari Kota Wonosobo. anda bisa berkendara ke Dieng. Sesampainya di titik Dieng anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan, anda bisa ambil arah kiri untuk menuju Obyek Wisata Telaga Warna. Tidak terlalu jauh dari pertigaan sekitar 1 kilo meter sebelum Telaga Warna, di sebelah kiri anda akan menjumpai gerbang masuk berbentut gapura candi bertuliskan "Welcom To WANA WISATA PETAK 9 DIENG". Parkirkan kendaraan anda di area perkir yang di sediakan, dan ambilah tiket di loket belakang gapura, dengan di nkenakan tiket sebesar Rp.5000.-, anda akan banyak menjumpai banyak tanaman yang mungkin belum anda jumpai sebelumnya, dan yang tidak ada di tempat lain serta bisa menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan. NB : Jangan sampai ketinggalan camera anda dengan alasan lupa ^_^ heheee...
Dari gapura wana wisata, anda harus mendaki bukit dengan melalui jalan setapak untuk bisa mencapai puncak. Jangan khawatir, medan pendakian cukup mudah untuk di lalui dengan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai puncak. di awal kecil anda akan menemui jalan kecil yang sudah di cor sekitar 50 meter. Setelah itu anda akan menempuh jalan tanah hingga beberapa menit dengan rimbunya pepohonan dan tanaman yang cantik. Rindangnya pepohonan akan menjadikan pendakian anda terasa sejuk, namun setelah hampir menuju puncak rimbunya pepohonan akan menjadi berkurang hanya sedikit di kanan-kirinya. Walaupun jalan tidak terlalu tinggi untuk sampai pada puncaknya, namaun harus tetap berhati-hati dalam melangkah, karena di samping kananya adalah jurang yang cukup curam. Dan setelah itu sampailah puncak Bukit Sidengkeng.

Dan tentunya sesampainya di puncak, segala lelah selama perjalanan akan segera, dan sudahlah pasti pandangan anda akan langsung tertuju ke penampakan dua telaga kembar namun berbeda yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan hiasan lukisan pegunungan dan perbukitan yang begitu mempesona. Benar-benar akan menjadi suatu perjalanan wisata yang takkan terlupakan. Lepas segala lelah dan masalah dengan rutinitas yang mungkin anda dapatkan, dengan menikmati keindahan alam Dieng dari atas Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng. Niscaya rasa rileks dan ketenangan akan anda dapatkan, dan janagn lupa siapkan camera anda untuk mengabadikan momen disini yang mungkin belum pernah anda kunjungi, yang tidak ada di tempat lain dengan berfoto ria dengan background lanskap Telaga Warna.