Kawah di Dieng

Dieng sebagai dataran di Kawasan Vulkanis aktif menyimpan  Kawah-Kawah yang kemudian menjadi tempat wisata. Letak Kawah- Kawah di Dieng tersebar di berbagai penjuru. Seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sileri dan lain-lain.

Kawah di Dieng kebanyakan masih aktif namun pengunjung tidak perlu Khawatir. Sepanjang anda tetap berhati-hati. Kawah-Kawah ini aman untuk dikunjungi.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng Plateau
Kawah Sikidang terletak di Wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Masuk Kabupaten Banjarnegara -Jawatengah. Kawah ini merupakan salah satu Obyek Wisata andalan di Dieng. Pemandangan alam dilokasi yang menakjubkan, antara dominasi warna hijau pegunungan dan perbukitan yang mengelilingnya dipadu dengan hamparan tanah kapur disekitar tanah Sikidang memberi kesan indah namun misterius pada wilayah ini.

Gejolak magma meloncat-loncat setinggi setengah hingga satu meter pada kolam lava ditengah-tengah hamparan kapur itulah yang dinamakan Kawah Sikidang. Kolam Magma tersebut sering berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain disekitaran Wilayah tersebut, itulah mengapa Kawah ini dinamakan  Kawah sikidang ( memiliki karakter menyerupai hewan Kidang atau Kijang yang suka melompat-lompat.

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka. Inilah Kawah  yang sering disebut-sebut dalam legenda pewayangan sebagai tempat dimana Gatutkaca dijedi (dimandikan) sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa.Terletak kurang lebih enam Kilometer dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, di Desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjar Negara.

Kawah ini juga termasuk Kawah Aktif. Letak Lokasi memungkinkan para wisatawan melihat aktivitas Kawah Candradimuka  dari berbagai sudut.Tidak jauh dari area kawah tersebut, juga terdapat wisata alam Sumur Jalatunda yang juga mempunyai banyak keunikan lain dari Mitos dan legendanya yang untuk selengkapnya bisa di lihat disini.

Kawah Sileri

Kawah Sileri
Kawah Sileri Terletak di desa Kepakisan, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Sekitar 7 Km dari Kawasan Wisata Dieng Plateau. Kawah Terluas di Dieng ini terhitung masih aktif. Dari permukaan kawah masih terus menerus mengeluarkan asap putih dan menunjukan gejala-gejala aktivitas Vulkanis.

Luas Kawah ini Sekitar 4 Hektar, dengan kepundan datar sehingga aliran airnya mengalir ke bawah. Warna air kawah yang keabu-abuan menyerupai air cucian beras (leri). Itulah asal muasal mengapa kawah ini dinamakan kawah seleri.

Selain Kawah-kawah tersebut diatas, masih ada beberapa Kawah lain di Dieng seperti Kawah Timbang, Kawah Sibanteng, Kawah sikendang.