Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng
Padang Savana Dieng

Bukit Pangonan, dan keindahan Savana di sudut tersembunyi di Kawasan Wisata Dieng Plateau. Bisa di bilang Padang Savana merupakan Newbie dalam Perwisataan Dieng. Awalnya Bukit Pangonan dan Padang Savana bukan di peruntukan sebagai tempat wisata. Hingga tahun kemarin, tepatnya pada acara Dieng Culture Festival ke 6 pada tahun 2015, dalam program acara Expedisi Dieng, Bukit Pangonan dan Padang Savana di perkenalkan sebagai salah satu Tempat Tujuan Wisata Alam di Dieng, selain wisata yang lain.

EKSOTISME PADANG SAVANA DIENG

Padang Savana Dieng
Savana Dieng via @formate.photography

Padang Savana Dieng yang terletak di Lembah semurup (Kaki Gunung Pangonan), merupakan salah satu Obyek Wisata Dieng yang mengagumkan dengan memamerkan bentang alam ciri khas Dieng Plateau. Keindahan Padang Savana ini mampu memikat hati bagi setiap pelancong yang menghampirinya di kala sedang rindu akan ketenangan, yang menikmati akan keindahan ciptaan Tuhan ini. Perjalanan singkat menuju Padang Savana Dieng akan membawa anda semakin jauh dari cengkraman mainstreamnya perkotaan. Panorama keindahan pada Lembah dengan rumput keemasan dan kehijauan setinggi lutut akan menghantarakan langkah anda untuk menyibak Alam Padang Savana Dieng semakin menyenangkan.

TENTANG PADANG SAVANA

Padang Savana Dieng
bukit savana dieng via @sc.rmdhn

Padang Savana Dieng disebut juga dengan Lembah Semurup. Dari kata Semurup yang dalam bahasa asing di anggapnya Summer up. Dikala musim kemarau tiba suhu udara di kawasan Padang Savana sangatlah extrim, sehingga semak-semak hijau berubah warnanya menjadi coklat keemasan. Warga Lokal sangatlah kesulitan untuk menyebutkan istilah asing itu yaitu Summer up, sehingga mereka menyebutkan namanya dengan istilah kata Semurup. Padang Savana Dieng adalah lembah luas yang terletak di tengah-tengah dari Gunung Pangonan, dengan bentuknya yang menyerupai mangkuk raksasa seperti bekas kapundan kawah besar. Konon Padang Savana Dieng merupakan bekas letusan vulkanik dahsyat di pegunungan Dieng, dan kini kawah-kawah tersebut mati yang menyisakan rerumputan semak indah yang terkadang warna coklat keemasan saat musim kemarau dan berwarna hijau pupus ketika musim penghujan.

Menjelajah Padang Savana merupakan pilihan aktifitas yang menyenangkan ketika anda menghabiskan waktu liburan ke Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini sangatlah cocok untuk anda apalagi bagi anda yang merasa sebagai Pecinta Alam ataupun anda yang suka wisata petualangan atau lintas alam bahkan pendakian.

Tidak hanya menyaksikan bentang alam Savana Dieng saja, di tempat inilah wisatawan bisa mendirikan tenda-tenda perkemahan atau camping di bibir Gunung Pangonan menunggu sang fajar datang dari ufuk timur (Sunrise Dieng) yang muncul dari sela-sela Gunung Sindoro, dan Sunset yang akan menyembunyikan dirinya di sebelah barat dari Gunung Selamet. Dari bibir Gunung Pangonan inilah wisatawan bisa menyaksikan seluruh area Padang Savana dari ketinggian yang tampak cantik dan mempesona. Tidak hanya itu, pemandangan indah lainya berupa petak-petak lahan pertanian, Telaga Merdada disebelah barat Gunung Pangonan, Kawah Sikidang di sebelah timurnya, pedesaan, serta asap-asap geothermal Dieng bisa anda nikmati dari atas perbukitan yang mengitari area Padang Savana Dieng.

JALUR PENDAKIAN PADANG SAVANA DIENG

Padang Savana Dieng
Savana Dieng via @liaarsdn

Untuk mencapai Padang Savana, anda haruslah tracking terlebih dahulu. Ada beberapa jalur atau pos pendakian hingga sampai Savana keemasan atau kehijauan ini. Banyak spot objek dan view yang memukau pandangan bisa di temukan di seputaran Padang Savana Dieng. Seluruh area Padang Savana akan memberikan warna kontras, dari warna bukit berwarna coklat keemasan yang di kelilingi pegunungan yang terselimuti pohon alkasia. Pemandangan spektakuler ini benar-benar akan memberikan pemandangan tersendiri bagi mereka yang mendatanginya.

Padang Savana Dieng dapat di jangkau dari beberapa titik, di antaranya dari pos pendakian Savana Dieng yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, kemudian jalur pendakian dari Museum Kailasa Dieng, jalur pendakian dari arah Telaga Merdada, serta jalur pendakian yang bisa di lewati dari area Kawah Sikidang. Lama jalur pendakian dari arah tracking terpendek membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, namun pendakian dari jalur tepanjang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Semua jalur pendakian menuju Padang Savana Dieng akan menyuguhkan pemandangan sepektakuler dan beragam keindahan yang berbeda yang bisa mengalihkan pikiran anda dari lelahnya kaki yang melangkah. Padang Savana Dieng merupakan salah satu daftar Wisata Alam yang memikat dan anti mainstream di Dataran Tinggi Dieng serta patut di kunjungi tatkala menghabiskan waktu liburan anda untuk benar-benar menikmati bentang alam yang masih alami dengan menyuguhkan panorama alam yang berbeda.

Ingin Berkunjung ke Padang Savana Dieng Tanpa Ribet?